Anggota MPR RI Rano Alfath Sosialisasi Empat Pilar di Tangsel

Minggu, 16 Juni 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

GLOBALBANTEN.COM, Tangerang | Sebuah acara sosialisasi bertajuk “Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan RI” diselenggarakan oleh anggota MPR RI Moh. Rano Alfath, S.H., M.H. pada hari Sabtu, 15 Juni 2024 di Kota Tangerang Selatan.

Acara yang dihadiri oleh 150 peserta ini menjadi ajang penting untuk memperkuat pemahaman dan implementasi nilai-nilai kebangsaan dalam menghadapi tantangan era digital.

Pada sesi pertama, yang berlangsung dari pukul 10.15 Wib hingga 11.15 Wib, peserta diajak untuk memahami secara mendalam Empat Pilar Kebangsaan Republik Indonesia, yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

Rano Alfath menjelaskan, “Empat pilar ini adalah fondasi utama yang harus kita pegang teguh untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa.”

Sesi kedua yang berlangsung dari pukul 11.15 hingga 12.15, fokus pada upaya memperkuat persatuan dan kesatuan dalam keberagaman melalui implementasi Empat Pilar Kebangsaan di era digital.

Dalam sesi ini, Moh. Rano Alfath menekankan, “Di era digital ini, kita harus bisa memanfaatkan teknologi untuk memperkuat persatuan, bukan malah memperlebar perpecahan. Keberagaman adalah kekayaan kita yang harus kita jaga bersama.”

Baca Juga :  Bersama Bupati Keerom, Satgas Yonif 310/KK Ikut Serta Dalam Peletakan Batu Pertama Pembangunan SDN Molof Dan SDN Warlef

Sesi ketiga, yang melanjutkan pembahasan hingga pukul 13.15 wib, membahas tentang revitalisasi nilai-nilai UUD 1945 dalam menghadapi tantangan globalisasi dan ekonomi digital.

Moh. Rano Alfath menjelaskan bahwa perubahan zaman menuntut penyesuaian dalam penerapan nilai-nilai dasar negara, tanpa mengabaikan esensinya. “Globalisasi dan digitalisasi membawa tantangan baru, tetapi nilai-nilai UUD 1945 tetap relevan sebagai panduan kita,” tegasnya.

Acara ini juga diwarnai dengan sesi tanya jawab yang interaktif, di mana para peserta aktif mengajukan berbagai pertanyaan terkait implementasi Empat Pilar Kebangsaan di era digital dan tantangan globalisasi.

Moh. Rano Alfath memberikan jawaban yang komprehensif, memberikan pemahaman yang lebih dalam dan solusi praktis atas berbagai isu yang dihadapi.

Baca Juga :  Warga Panbar Curhat ke Helmy Halim Soal SMP Negeri

Salah satu peserta bertanya tentang cara mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di era media sosial. Moh.

Rano Alfath menjawab, “Pancasila harus menjadi landasan dalam setiap tindakan kita, termasuk di media sosial. Kita harus menyebarkan nilai-nilai positif dan menjaga etika dalam berkomunikasi di dunia maya.”

Dengan sosialisasi ini, diharapkan masyarakat semakin memahami dan mengamalkan nilai-nilai kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam menghadapi era digital yang penuh dengan dinamika dan tantangan baru.(Zk_red)

Berita Terkait

Buruknya Pelayanan DPMPTSP, Ahmad Suhud Minta Pj Bupati Tangerang Evaluasi Kadis dan Bawahannya
PT Bina Cipta dan Pihak ATR/BPN Mangkir Dari Rapat Mediasi Lanjutan, Warga Ancam Bongkar Pagar
DPMPD Monitoring Kegiatan Indeks Desa Membangun di Pakuhaji
Dialog Dengan LKBPH PWI, PWI Sumbar Perkuat Kerja Sama dan Bantuan Hukum Wartawan
Ajukan Pensiun dini, Sekda Minta ASN Terus Berkarya Dan Jadi Teladan
Kejagung Tegaskan Kejati dan Kejari Serius Penangan Kasus Pertanahan, Harli Siregar: Awas Jangan Ada Konflik Kepentingan
Sambut Hari Anak Nasional PLTU Banten 3 Buka Workshop Membatik Untuk Siswa Difabel di Kabupaten Tangerang
Kelompok Wanita Tani Desa Kohod Kembangkan Holtikultura Dan Peningkatan SDM Dan Ekonomi Masyarakat

Berita Terkait

Sabtu, 13 Juli 2024 - 17:18 WIB

Buruknya Pelayanan DPMPTSP, Ahmad Suhud Minta Pj Bupati Tangerang Evaluasi Kadis dan Bawahannya

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:10 WIB

PT Bina Cipta dan Pihak ATR/BPN Mangkir Dari Rapat Mediasi Lanjutan, Warga Ancam Bongkar Pagar

Rabu, 10 Juli 2024 - 18:56 WIB

DPMPD Monitoring Kegiatan Indeks Desa Membangun di Pakuhaji

Selasa, 9 Juli 2024 - 14:05 WIB

Dialog Dengan LKBPH PWI, PWI Sumbar Perkuat Kerja Sama dan Bantuan Hukum Wartawan

Senin, 8 Juli 2024 - 17:27 WIB

Ajukan Pensiun dini, Sekda Minta ASN Terus Berkarya Dan Jadi Teladan

Berita Terbaru