Raih Predikat Desa Mandiri, Pemerintah Desa Pasanggrahan Persiapkan Lomba PHBS dan Lomba Desa

Senin, 13 Mei 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

GLOBALBANTEN.COM, Tangerang| Seiring dengan mempertahankan predikat Desa Mandiri, Kades Pasanggrahan Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang Banten Agus Setyantoro akan melakukan beberapa terobosan kegiatan di wilayah binaannya.

Kepala Desa (Kades) Agus Setyantoro mengatakan, sebagai upaya yang dilakukan untuk memajukan desa tentunya ada tindakan prioritas diantaranya kata dia, meningkatkan sarana dan prasarana umum.
Mendorong pengembangan usaha masyarakat. Menjaga kelestarian lingkungan.
Meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan masyarakat. Dan meningkatkan pelayanan pemerintah desa.

“Kegiatan yang saat ini sedang dimulai adalah sebuah konsep pembangunan di tingkat desa yang mengedepankan partisipasi dan kemandirian masyarakat dalam mengelola sumber daya lokal dan meningkatkan kesejahteraan. Dengan memanfaatkan potensi lokal dan melibatkan aktif masyarakat, sehingga ini dapat menjadi pusat pembangunan yang kuat,” ungkap Kades Pasanggrahan Agus Setyantoro saat ditemui di kantornya, Senin (13/5/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kata Agus, menjadi desa yang mandiri akan semakin penting mengingat perubahan iklim dan ketergantungan pada sumber daya luar yang semakin tinggi.

Baca Juga :  Keliling Tiga RSUD, Pj. Bupati Tangerang Beri Semangat Dan Motivasi

Memanfaatkan potensi alam setempat, Desa memiliki potensi alam yang berbeda-beda tergantung lokasinya. Maka dari itu, penting bagi desa untuk memanfaatkan potensi alam setempat secara optimal.

Desa juga dapat mengembangkan industri kecil dan menengah yang berbasis pada potensi alam setempat. Industri kecil seperti pengolahan makanan, kerajinan tangan, dan industri kreatif lainnya dapat memberikan lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian desa. Dengan mengembangkan industri kecil dan menengah, desa juga dapat mengurangi ketergantungan pada produk-produk luar.

Selain itu ujar dia, teknologi dapat menjadi alat yang sangat berguna bagi desa untuk mengembangkan diri menjadi desa yang mandiri. Desa dapat memanfaatkan teknologi untuk mengoptimalkan produksi pertanian, menjual produk secara online, mengelola keuangan desa, dan masih banyak lagi. Selain itu, desa juga dapat memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan akses pendidikan dan kesehatan bagi masyarakat desa.

Baca Juga :  Pj Bupati Tangerang Dan Pj Kabupaten Sidenreng Rappang Tandatangani MOU Kerjasama Antar Daerah

Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa. Dengan meningkatkan partisipasi masyarakat, desa dapat menjadi lebih mandiri dan dapat mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan dan potensi masyarakatnya.

“Saat ini kita sedang persiapan kegiatan Desa Hijau ber PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dan dilanjutkan dengan Bina wilayah (Binwil) yang motori oleh TP PKK Desa dan Kecamatan Solear sementara lotus nya di wilayah perumahan Agro Subur,” ujarnya.

Pada lahan Desa hijau ini akan ditanami dengan tanaman obat seperti kuncit, kencur, jahe, lengkuas, temulawak. Tanaman keras seperti jeruk nipis, jeruk limau, belimbing wuluh, pohon kelor, mahkota dewa dan mangga. Serta sayur hidup seperti cabe, tomat, sawi, kemangi dan kangkung.

“Dan ada sekitar 100 rumah binaan, yang dilengkapi dengan pojok baca, pojok rokok atau area no smoking yang tujuannya untuk menerapkan pola hidup sehat,” terang Agus.

Ditegaskan Agus, PHBS ini adalah sebuah lomba yang diselenggarakan di tingkat desa dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan hidup bersih dan sehat serta memberikan nilai ekonomisnya terhadap masyarakat desa Pasanggrahan.

Baca Juga :  Tunda Pemberian Ambulance Khawatir Berpotensi Pelanggaran Pemilu

Selain kegiatan tersebut sambung Kades Agus, pemerintah desa Pasanggrahan akan mendirikan kampung Atlet dengan motto Jawara menjadi juara. Kegiatan olahraga yang akan dibina diantara nya Pencak Silat, Bulutangkis, Tenis Meja.

“Ini sedang dalam persiapan, bagi yang berminat untuk mengembangkan bakat silakan mendaftar di desa, lokasi kegiatan akan dilaksanakan di GSG Desa Pasanggrahan,” jelas Agus.

Diketahui pada lomba desa tahun 2024 ini di Kecamatan Solear akan diikuti oleh tiga desa yaitu Desa Pasanggrahan, Desa Munjul dan Desa Cireundeu.

Dan terakhir kata dia, pihaknya dalam waktu dekat ini akan persiapan menghadapi kegiatan menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia (HUT) RI ke 79 yang nanti akan diadakan di lapangan sepak bola Taman Kirana Surya.

(Zk)

Berita Terkait

Dinilai Lebih Paham Persoalan, Helmy Halim Cocok Pimpin Kota Tangerang
28 Advokat Peradi Nusantara Di Sumpah di Pengadilan Tinggi Banten.
Warga Citamiang Sukabumi Terima Nasi Kotak di Jum’at Berbagi Polisi
Pj Bupati Resmikan Puskesmas Kelapa Dua
Harapan Kasat Reskrim Polresta Tangerang: Operasi Pekat Maung 2024 Ciptakan Lingkungan Lebih Aman
Pemkab. Tangerang Meriahkan Pawai Mobil Hias HUT Ke-44 Dekranas Solo
Ketua Lembaga Aliansi Indonesia Kritik Rencana Studi Tour SDN 1 Mekar Agung
Sekda Hadiri Grand Opening Tanri Abeng University

Berita Terkait

Senin, 20 Mei 2024 - 10:31 WIB

Dinilai Lebih Paham Persoalan, Helmy Halim Cocok Pimpin Kota Tangerang

Sabtu, 18 Mei 2024 - 12:11 WIB

28 Advokat Peradi Nusantara Di Sumpah di Pengadilan Tinggi Banten.

Jumat, 17 Mei 2024 - 17:25 WIB

Warga Citamiang Sukabumi Terima Nasi Kotak di Jum’at Berbagi Polisi

Jumat, 17 Mei 2024 - 16:42 WIB

Pj Bupati Resmikan Puskesmas Kelapa Dua

Kamis, 16 Mei 2024 - 17:30 WIB

Harapan Kasat Reskrim Polresta Tangerang: Operasi Pekat Maung 2024 Ciptakan Lingkungan Lebih Aman

Kamis, 16 Mei 2024 - 13:33 WIB

Pemkab. Tangerang Meriahkan Pawai Mobil Hias HUT Ke-44 Dekranas Solo

Rabu, 15 Mei 2024 - 21:34 WIB

Ketua Lembaga Aliansi Indonesia Kritik Rencana Studi Tour SDN 1 Mekar Agung

Rabu, 15 Mei 2024 - 19:55 WIB

Sekda Hadiri Grand Opening Tanri Abeng University

Berita Terbaru

Hukum dan Kriminal

Sadis, Suami di Solear Sayat Istrinya Hingga Berlumuran Darah

Minggu, 19 Mei 2024 - 16:37 WIB