Tinjau Kapal Interceptor Sampah Neon Moon II, Sekda: Penanganan Sampah Tanggung Jawab Kita bersama

Selasa, 28 November 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Globalbanten.com l Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Muhammad Moch. Maesyal Rasyid meninjau kapal Neon Moon II, bantuan The Ocean Cleanup dan Coldplay  yang berjenis interceptor pembersih sampah di Sungai Cisadane. Kapal berjenis interceptor tersebut sudah berlabuh di Sungai Cisadane Desa Tanjung burung Kecamatan Teluknaga, Senin (29/11/23)

Pada kesempatan tersebut, Sekda Moch Maesyal Rasyid yang didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang Fachrul Rozi, Kepala Bapeda Ujang Sudarsono, Camat Teluknaga Zamzam Manohara, bersama tim The Ocean Cleanup Belanda mengungkapkan bahwa upaya penanganan sampah khususnya sampah di Sungai Cisadane merupakan tanggung jawab bersama bukan hanya Kabupaten Tangerang melainkan juga seluruh wilayah yang dilintasi Sungai Cisadane seperti Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Bogor yang hilirnya di Utara Kabupaten Tangerang.

Baca Juga :  Pastikan Kesiapan Personil, Kapolres Jakarta Pusat Kunjungi Pos Pam Nataru di Johar Baru

“Upaya penangan sampah merupakan tanggung jawab bersama. Kita semua berharap dengan hadirnya Kapal Neon Moon II ini untuk upaya penanganan sampah terlebih sampai plastik di sungai menjadi lebih baik lagi,” ujar Sekda Maesyal Rasyid.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ia melanjutkan Kapal Neon Moon II, pembersih sampah Sungai Cisadane nantinya saat dioperasikan dapat menampung kurang lebih  6 ton sampah plastik dari Sungai Cisadane yang selanjutnya dibawa ke penampungan sampah dan diolah kembali.

Baca Juga :  5 Hari Aksi Tidak Direspon, Ratusan Pensiunan PT.KS Cilegon Ancam Aksi Lebih Besar

“Kapal Neon Moon ini, saat dioperasikan dapat menampung 6 ton sampah plastik dari Sungai Cisadane dan selanjutnya dibawa ke penampungan sampah untuk diolah kembali,” ungkapnya

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada Coldplay dan Ocean Cleanup Amsterdam Belanda atas bantuan kapal pembersih sampah untuk Pemkab Tangerang yang saat ini sudah berlabuh di Tanjung Burung Kabupaten Tangerang.

“Terimakasih kepada Coldplay dan The Ocean Cleanup Amsterdam, semoga kapal ini segera dapat kita operasikan untuk mengurangi sampah-sampah plastik yang terbawa aliran aliran Sungai Cisadane dan hasilnya dapat dimanfaatkan untuk kepwntingan bersama nantinya,” ucapnya

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang Fachrul Rozi mengatakan saat ini sedang memberikan trainning kepada 12 orang untuk dapat mengoperasikan kapal penyedot sampah Neon Moon II dan diharapkan nantinya akhir Januari 2024 bisa dioperasikan secara penuh.

Baca Juga :  Polsek Sepatan Polres Metro Tangerang Kota Ringkus Remaja di Cadas Akong

“Saat ini kita sudah menyiapkan 12 orang tenaga pekerja untuk ditraning mengoperasiannya, dan Januari 2024 diharapkan kita operasikan secara menyeluruh,” jelas Fachrul Rozi.

Dia menambahkan setelah beroperasi nanti kapal sampah tersebut akan membersihkan sampah di Sungai Cisadane, selanjutnya sampah yang didapat akan dibawa ke TPS dipilah dan akan dimanfaatkan sebagai pupuk dan didaur ulang menjadi produk-produk yang dapat dipake kembali oleh masyarakat.

Berita Terkait

Bakti Religi di Tangerang, Kapolres Serahkan alat kebersihan, Material Bangunan dan Sembako menjelang Hari Bhayangkara ke-78
Gak Punya Otak, Sudah langgar Perbup Dump Truk Angkutan Tanah Merah Oprasi di Saat Jalan Kodisi Macet
Sekda Hadiri Grand Opening Tanri Abeng University
Investor China Lirik Kabupaten Tangerang untuk Jalin Kerjasama dan Investasi
Polresta Bandara Soetta Dicurhati Puluhan Karyawan Kargo
Polisi Tangkap Pelaku Pencurian Rumah Kosong di Teluknaga Tangerang
Alami Kerugian Mencapai 5 Milyar Lebih, Puluhan Konsumen Laporkan Pengembang Perumahan Taban Suryaland ke Polisi
Pj Bupati Harap Adanya Inovasi Bisa Tingkatkan Literasi dan Minat Baca Masyarakat

Berita Terkait

Senin, 24 Juni 2024 - 00:21 WIB

Bakti Religi di Tangerang, Kapolres Serahkan alat kebersihan, Material Bangunan dan Sembako menjelang Hari Bhayangkara ke-78

Senin, 3 Juni 2024 - 18:04 WIB

Gak Punya Otak, Sudah langgar Perbup Dump Truk Angkutan Tanah Merah Oprasi di Saat Jalan Kodisi Macet

Rabu, 15 Mei 2024 - 19:55 WIB

Sekda Hadiri Grand Opening Tanri Abeng University

Rabu, 8 Mei 2024 - 18:09 WIB

Investor China Lirik Kabupaten Tangerang untuk Jalin Kerjasama dan Investasi

Rabu, 24 April 2024 - 15:37 WIB

Polresta Bandara Soetta Dicurhati Puluhan Karyawan Kargo

Berita Terbaru