Kota Tangerang Miliki Layanan Imunoterapi Nusantara

Kamis, 25 Januari 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Globalbanten.com l Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin, bersama dr Terawan Agus Putranto meresmikan gedung pelayanan Imunoterapi Nusantara di Rumah sakit (RS) Karang Tengah Medika yang berlokasi di Jalan Karyawan 4, Kecamatan Karang Tengah, Kamis (25/1/2024).

PJ Wali Kota Tangerang, Nurdin, mengatakan, langkah RS Karang Tengah Medika yang menghadirkan fasilitas imunoterapi patut mendapat apresiasi. Fasilitas tersebut merupakan layanan unggulan yang dapat menjadi pilihan masyarakat dalam penanganan berbagai penyakit.

“Kami mengapresiasi langkah RS Karang Tengah Medika yang terus berinovasi dalam memberikan layanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat,” kata Nurdin dalam sambutannya,

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurutnya, Kota Tangerang memiliki potensi yang besar dalam bidang kesehatan. Hal ini terlihat dari banyaknya RS yang tersebar di wilayah Kota Tangerang. Namun, untuk dapat bersaing dengan rumah sakit lainnya, rumah sakit harus terus meningkatkan kualitas layanannya.

“Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan adalah dengan menghadirkan layanan unggulan. RS Karang Tengah Medika telah menunjukkan komitmennya dalam hal ini dengan menghadirkan fasilitas immunotherapy,” ujarnya.

Mantan Pj Bupati Aceh Jaya ini, juga berharap, kolaborasi antar RS di Kota Tangerang dapat terus ditingkatkan. Hal ini penting untuk memberikan layanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat.

Baca Juga :  Komeng, Caleg DPD RI dengan Foto Unik yang Jadi Sorotan

“Saya berharap, RS lainnya yang ada di Kota Tangerang, dapat menghadirkan dan memberikan layanan unggulan dan terbaik kepada masyarakat, supaya masyarakat nggak perlu jauh-jauh berobat cukup di Kota Tangerang karena memiliki banyak layanan RS yang mumpuni. Dengan demikian, Kota Tangerang dapat menjadi pusat rujukan kesehatan bagi seluruh masyarakat, baik dari dalam maupun luar Kota Tangerang,” harap Dr. Nurdin.

Dia juga mengajak 34 RS yang ada di Kota Tangerang untuk terus berkolaborasi dan bersinergi dalam memberikan layanan kesehatan terbaik bagi masyarakat.

“Mari kita terus berikan layanan kesehatan yang unggul untuk masyarakat demi terwujudnya Kota Tangerang yang sejahtera, dan berdaya saing,” pungkasnya.

dr Terawan Agus Putranto mengatakan, pelayanan Immunotherapy Nusantara ini merupakan bidang keilmuan yang baru, dimana dibelahan dunia masih banyak perlu kancah dalam teori.

“Kita di Indonesia sudah penerapan keilmuan itu, di Indonesia sudah ada 3 rumah sakit menyediakan pelayanan Immunotherapy Nusantara yaitu di Solo, Bali, Medan dan ini Kita Tangerang yang ketiga,” kata dr Terawan.

Baca Juga :  Sekda Dorong Penguatan Produk Lokal Usaha Mikro di Kecamatan Legok

Mantan Menteri Kesehatan ini menyampaikan, sel dendritik merupakan leukosit dari sumsum tulang belakang dan merupakan jenis sel pembawa antigen terkuat. Sel inilah yang bertanggung jawab atas respons kekebalan tubuh yang menjadi penjaga sistem kekebalan tubuh manusia.

“Sel inilah yang kemudian “dilatih” di luar tubuh seseorang untuk menjadi sel pemicu imunitas pada penyakit tertentu, misalnya kanker. Dengan kata lain, vaksin imunoterapi sel dendritic dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, spesifik untuk suatu penyakit,” paparnya.

“Impact-nya sangat berarti. Publikasi internasional sudah banyak terbit baik itu masalah safety edukasi semuanya sudah terbit,” jelasnya.

Dia menambahkan, dampak yang akan dihasilkan dari Imunoterapi ini sangat signifikan sesuai dengan hasil uji klinis maupun riset yang sudah dilakukan dan sudah dipublikasi secara terbuka.

Kedepan, lanjut Terawan, pelayanan Imunoterapi ini akan menjadi modalitas dunia. Pihaknya dapat melakukan kerjasama dengan negara-negara besar didalam uji klinis ini untuk penanganan kanker.

“Oleh Amerika kita sudah dianggap sejajar untuk mengembangkan uji klinis 3 terhadap kanker otak dan sebagainya dengan basic Imunoterapi,” ungkapnya..

“Jadi bisa dibayangkan akan ada tambahan modalitas-modalitas baru yang dibuktikan secara sahih dengan uji klinis secara benar yang standar dunia,’ tukasnya kembali.

Baca Juga :  Tega, Penjual Nasi Padang di Solear Aniaya Anak Dibawah Umur, Ibu Korban Lapor Polisi

Dia juga menyebut petugas laboratorium untuk pelayanan Imunoterapi di RS KTM merupakan warga Kita Tangerang yang dididik dan dilatih untuk mampu menjalankan teknologi baru mengenai pengobatan Immunotherapy “Ini hal yang sangat canggih. Ini bukan pengobatan yang biasa saja. Ini terapi yang membuka mindset baru membuka wawasan baru,” imbuhnya.

Dia berharap, kehadiran pelayanan Imunoterapi Nusantara di Kota Tangerang ini bisa memberikan dan menambah warna atau khas Kota Tangerang.

“Terima kasih kepada RS KTM telah memberikan ruang untuk memberikan pelayanan Imunoterapi. Terapi ini jelas sangat aman. Darah kita sendiri untuk diri kita sendiri pasti aman,” pungkasnya.

Direktur Utama RS Karang Tengah Medika, Luceria Siagian menambahkan, layanan Imunoterapi merupakan bentuk inovasi layanan pengobatan terbaru di RS KTM, Imunoterapi dapat meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh individu untuk mengenali dan menyerang sel kanker.

Luceria menyebut, Imunoterapi dianggap cukup ampuh karena mengandalkan sistem kekebalan tubuh untuk memperbaiki sel-sel dalam tubuh terutama bagi lansia.

“Sekarang ini saja sudah sekitar 200 orang yang terlayani,” singkatnya.(ziz)

Berita Terkait

Bakti Religi di Tangerang, Kapolres Serahkan alat kebersihan, Material Bangunan dan Sembako menjelang Hari Bhayangkara ke-78
Rangkaian Hari Bhayangkara ke-78, Polisi Peduli Anak Disabilitas di Tangerang
SubDenPom Lebak Berbagi Kasih di Jumat Berkah
Kelompok Wanita Tani Sri Wahyuni Desa Kohod Semakin Signifikan
Kejagung Turun Gunung Awasi Penyelidikan Kejari Tigaraksa Terkait Dugaan Korupsi Pengadaan Lahan RSUD Tigaraksa Tangerang
Pemkab Tangerang Kembali Raih Penghargaan Paritrana Award Tingkat Provinsi Banten
Aneh, Sejak 2023 Kejari Kabupaten Tangerang Sudah Periksa 40 Saksi Belum Ada TSK
Program Jum’at Keliling, Kapolres Ingatkan Peran Masyarakat Cegah Gangguan Kamtibmas

Berita Terkait

Senin, 24 Juni 2024 - 00:21 WIB

Bakti Religi di Tangerang, Kapolres Serahkan alat kebersihan, Material Bangunan dan Sembako menjelang Hari Bhayangkara ke-78

Senin, 24 Juni 2024 - 00:16 WIB

Rangkaian Hari Bhayangkara ke-78, Polisi Peduli Anak Disabilitas di Tangerang

Sabtu, 22 Juni 2024 - 17:06 WIB

Kelompok Wanita Tani Sri Wahyuni Desa Kohod Semakin Signifikan

Sabtu, 22 Juni 2024 - 17:01 WIB

Kejagung Turun Gunung Awasi Penyelidikan Kejari Tigaraksa Terkait Dugaan Korupsi Pengadaan Lahan RSUD Tigaraksa Tangerang

Sabtu, 22 Juni 2024 - 12:02 WIB

Pemkab Tangerang Kembali Raih Penghargaan Paritrana Award Tingkat Provinsi Banten

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:04 WIB

Aneh, Sejak 2023 Kejari Kabupaten Tangerang Sudah Periksa 40 Saksi Belum Ada TSK

Jumat, 21 Juni 2024 - 20:10 WIB

Program Jum’at Keliling, Kapolres Ingatkan Peran Masyarakat Cegah Gangguan Kamtibmas

Jumat, 21 Juni 2024 - 20:00 WIB

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Lantik Kwartir Ranting Kelapa Dua

Berita Terbaru